قالب وردپرس درنا توس
Home / Terbaik / 10 kasus luar biasa dari mimikri biologis

10 kasus luar biasa dari mimikri biologis



Mimikri biologis adalah ketika satu spesies berevolusi agar terlihat seperti yang lain. Kadang-kadang suatu organisme juga mengambil alih perilaku dan tingkah laku yang lain. Pada akhirnya, mereka terlihat sangat mirip sehingga mereka sulit untuk dibedakan, meskipun mereka sepenuhnya independen.

Hewan melakukan ini karena berbagai alasan. Seringkali itu ada hubungannya dengan perampokan. Beberapa hewan mangsa terlihat seperti hewan lain yang lebih berbahaya yang menghindari pemangsa mereka sendiri. Sebaliknya, pemangsa mungkin meniru binatang yang tidak ditakuti mangsanya.

10 Hornet dan Hornet Moths

Kita semua tahu bahwa lebah dapat menyebabkan sengatan yang cukup menyakitkan. Beberapa spesies dari genus Sesia seperti Sesia apiformis telah berevolusi untuk meniru penampilan dan perilaku lebah. Ngengat mimik ini disebut ngengat lebah karena alasan yang jelas.

S. apiformis memiliki ciri tanda kuning dan hitam dari seekor lebah. Ini juga tentang ukuran lebah normal dan memiliki rentang yang sama. Ngengat juga telah belajar cara mengambil lebah secara acak segera setelah mendeteksi ancaman.

Namun, ada beberapa perbedaan antara lebah dan lebah. Ngengat itu lebih kuning daripada tawon dan tidak memiliki pinggang, meskipun tawon memiliki pinggang antara tulang rusuk dan perut. Sayap ngengat juga transparan. Bagian terakhir ini hanya akan menjadi jelas dalam penerbangan, dan sebagian besar manusia dan hewan tidak akan tinggal cukup lama untuk mengetahuinya. [1]

9 Kumbang kecil dan Kumbang kecil

Laba-laba begitu luar biasa sehingga mereka memiliki superhero fiktif populer yang dinamai menurut namanya. Kepik juga merupakan sesuatu yang istimewa. Itu tidak memiliki superhero sendiri, tetapi ada laba-laba nyata dinamai itu. Laba-laba ini termasuk dalam genus Paraplectana . Mereka adalah sekelompok laba-laba yang telah menjadi kepik.

Peniruan ini diperlukan karena banyak burung pemangsa menghindari kepik. Ini karena kepik mengandung bahan kimia beracun yang mengeluarkan bau mengerikan ketika dihancurkan dan meninggalkan rasa yang tidak menyenangkan, terus-menerus di mulut burung. Ini telah menyebabkan banyak burung mengembangkan antipati yang kuat pada ladybug. Selain laba-laba, beberapa serangga lain, seperti kumbang jamur yang meniru kepik, juga berkembang menjadi kepik. [2]

8 Laba-laba Melompat dan Ngengat Metalmark

metalmark ngengat ( Brenthia coronigera ) tidak meniru beberapa serangga atau laba-laba acak, tetapi pemangsa, laba-laba lompat. Ngengat begitu pandai meniru sehingga laba-laba lompat mengira mereka adalah laba-laba lompat lainnya. Laba-laba lompat yang lebih kecil bahkan melarikan diri dari ngengat, karena mereka takut dimakan.

Ngengat Metalmark tidak hanya menyerupai penampilan laba-laba lompat. Ini juga bergerak dengan cara yang mengingatkan kita pada laba-laba yang melompat daripada hanya mengepak seperti yang dilakukan kebanyakan ngengat. Laba-laba lompat jantan begitu tertipu sehingga mereka merasa tertarik pada ngengat dan menunjukkan perilaku pacaran dengan mengangkat kedua kaki depannya ke arah ngengat.

Para peneliti yang telah menyelidiki keefektifan mimikri ini mengatakan bahwa ngengat harus memiliki sayap di area yang tepat agar efektif untuk posisi tipuan. Titik-titik hitam pada sayap itu seperti mata laba-laba yang melompat, sedangkan sisanya meniru tubuh laba-laba. Beberapa percobaan menunjukkan bahwa laba-laba mengenali ngengat sebagai mangsa jika tidak memperlihatkan sayapnya atau jika sebagiannya disembunyikan. [3]

7 Semut dan laba-laba semut

Antsmimikry (juga disebut myrmecomorphia) ditemukan pada beberapa spesies laba-laba. Faktanya, sekitar 300 spesies laba-laba muncul seperti semut yang satu atau yang lain. Mimikri memiliki dua tujuan. Salah satunya adalah penipuan semut dan yang lainnya adalah penipuan predator mereka, yang biasanya menghindari semut.

Laba-laba tiruan ini memiliki bintik-bintik yang menyerupai mata majemuk semut. Mereka juga memiliki rambut reflektif yang membuat tulang rusuk dan perut terlihat seperti semut. Sebagian besar bahkan zig-zag seperti semut. Agar lebih meyakinkan, mereka berhenti secara berkala dan menggerakkan kedua kaki depannya ke kepala untuk meniru antena semut.

Laba-laba meniru semut seperti laba-laba untuk menipu semut lain. Laba-laba berburu dan membunuh semut yang terisolasi sebelum menariknya, berpura-pura menjadi semut lain yang mencoba membantu semut yang mati. Laba-laba kepiting melakukan hal yang sama, kecuali ia menarik semut dengan jaring. Ini memungkinkan untuk melarikan diri dengan mudah ketika triknya ditemukan.

Laba-laba lain meniru semut agar tidak dimakan oleh semut, laba-laba, dan burung yang mereka anggap sebagai mangsa. Laba-laba ini juga berperilaku seperti semut untuk membingungkan pemangsa mereka. Mereka bahkan membangun sarang mereka di dekat semut yang meniru mereka. Ini berfungsi karena semut, walaupun ukurannya kecil, secara teratur menangkis predator yang lebih besar. Pemangsa ini telah belajar untuk menghindari semut – bersama dengan laba-laba yang menyamar sebagai semut. [4]

6 Kumbang Tanah dan Semut Angkatan Darat

Sekitar 12 spesies kumbang tanah parasit saat ini terlihat seperti satu atau beberapa jenis semut tentara. Sebagian besar masyarakat semut tentara memiliki satu kumbang darat per 5.000 semut tentara. Kumbang darat melakukan ini untuk mendapatkan akses ke koloni semut tempat ia memakan larva semut.

Tubuh mereka telah berevolusi sedemikian rupa sehingga mereka sangat mirip dengan kenyataan sehingga bahkan manusia tidak dapat lagi membedakan mereka satu sama lain. Semut tentara tidak dapat, bahkan jika mereka menyentuh kumbang, seperti yang sering terjadi.

Agar lebih jelas, sebagian besar semut tentara buta dan benar-benar mengenali pasangan koloni mereka melalui petunjuk kimia dan sentuhan. Kumbang juga telah membahas hal ini. Mereka membersihkan semut lain untuk mendapatkan akses ke bahan kimia yang digunakan semut untuk identifikasi. Ini membuat kumbang bahkan oleh bau tidak terdeteksi. Untuk lebih meyakinkan, kumbang darat berpartisipasi dalam setiap kegiatan dengan semut dan bahkan melacak mereka dalam penggerebekan.

Para ilmuwan mengatakan kesamaan antara kedua makhluk itu menakjubkan, mengingat nenek moyang mereka yang terakhir adalah 105 juta tahun yang lalu. Ini adalah waktu yang sangat lama, juga untuk evolusi. Sebagian besar makhluk dengan karakteristik serupa baru-baru ini bubar. Faktanya, 105 juta tahun yang lalu nenek moyang evolusi kita yang jauh berbeda dari tikus. [5]

5 Blue Streak Cleaner Wrasses dan False Cleanerfish

Sebutkan, ikan bersih menghilangkan ikan lain dari organisme berbahaya dan parasit di tubuh mereka. Hubungannya dianggap saling menguntungkan. Ikan yang lebih bersih mendapatkan makanan, sementara ikan yang akan dibersihkan dilindungi dari parasit berbahaya.

Blue Stripe Putzer Wrasse ( Labroides dimidiatus kiri atas) adalah salah satu dari banyak ikan pembersih yang ada. Ikan pembersih palsu ( Aspidontus tractus kanan atas), bagaimanapun, telah berevolusi agar terlihat seperti ikan pembersih biru. Kedua ikan terlihat dan bertindak sangat mirip sehingga mereka sulit untuk dibedakan satu sama lain.

Ikan pembersih palsu itu sekitar satu meter dari stasiun pembersih asli pembersih strip biru. Kadang-kadang bahkan ada beberapa yang benar-benar bersih untuk lebih meyakinkan. Ketika ikan yang tidak curiga masuk, ikan pembersih palsu berpura-pura membersihkan sebelum menggigit sepotong dan berlari menjauh. [6]

di hutan Amerika Tengah. Ulat spesies dapat meniru ular beludak tambang untuk mengirim predator potensial untuk terbang. Jika ulat terancam, ia menghadapi penyerang seperti berang-berang nyata. Kemudian dia menarik kakinya ke belakang dan meregangkan bagian depan tubuhnya sedemikian rupa sehingga menyerupai kepala lubang berang-berang.

Untuk melengkapi mimikri, ulat ini meniru kurva, sisik, dan mata seperti ular beludak. Untuk efek seperti aslinya, ia juga melempar seperti ular berbisa. Tampilannya begitu meyakinkan sehingga bahkan menipu orang. Burung dan ulat lainnya yang mencoba memakan ulat ini tidak berkeliaran cukup lama untuk bertanya-tanya ke mana perginya tubuh Ular. [7]

] Episyrphus balteatus ) sering dikacaukan dengan tawon umum ( Vespula vulgaris juga disebut jaket kuning biasa) karena warnanya yang serupa. Keduanya memiliki tanda hitam dan kuning yang membuat mereka tidak bisa dibedakan oleh predator dan bahkan manusia. Mereka sangat mirip sehingga beberapa orang berteriak dan melarikan diri ketika, pada tahun 2004, kemacetan muncul di beberapa pantai Inggris.

Tawon umum mendapatkan warna lebih dulu. Selai terbang adalah peniru. Tawon biasanya ditakuti karena sengatannya yang menyakitkan. Pada manusia, sengatan ini dapat menyebabkan syok anafilaksis, yang dapat menyebabkan kematian. Selai terbang tidak berbahaya, tetapi meniru tawon untuk melindungi mereka dari banyak pemangsa, termasuk burung.

Meskipun memiliki banyak kesamaan, ada perbedaan antara tawon umum dan lalat macet. Tawon memiliki empat sayap, hanya membawa dua sayap. Tawon juga memiliki pinggang di antara dada dan perut, sementara lalat ubur-ubur tidak memiliki. Hoverflies juga cenderung terbang ke samping, yang jarang terjadi pada tawon. [8]

2 Daging lalat dan kumbang

Seperti yang mungkin Anda duga, kumbang penggerek serangga ( Timorus sarcophagoides ]) adalah kumbang yang terlihat seperti lalat, kekhususan terbang dari daging. Keluarga Sarcophagidae. Warna tubuh dan tanda-tanda kumbang mirip dengan lalat. Mereka juga memiliki dua titik kemerahan besar di tulang rusuk mereka yang terlihat seperti mata lalat.

Kumbang lalat melakukan mimikri dengan sangat baik sehingga bahkan bergerak seperti lalat dan menggosok kakinya bersama-sama. Idenya adalah untuk menipu pemangsa potensial bahwa mereka adalah lalat daging.

Soalnya, lalat sangat cepat dan burung umumnya tidak mengejar mereka karena mereka sulit ditangkap. Kumbang, yang meniru lalat, jauh lebih lambat, jadi kamuflase diperlukan agar burung percaya bahwa mereka bukanlah mangsa yang mudah. Akibatnya, predator potensial hanya menginvestasikan waktu mereka di serangga lain yang "lebih lambat".

Daftar ini tidak selalu valid untuk ahli entomologi yang sering ingin memeriksa kumbang. Kumbang cepat menyadari bahwa permainan telah berakhir dan hanya menarik kakinya kembali dan berguling-guling sampai jatuh ke tanah dan berpura-pura mati. Kami memiliki serangga yang sangat pintar di sini. [9]

1 Nymphister Kronaueri Menyamar sebagai bagian dari semut tentara

Makhluk baru selalu muncul ketika kami yakin kami telah melihat segalanya. Apa yang kita pikirkan tentang apa yang disebut pecinta semut (juga disebut myrmecophiles), sekelompok organisme yang hanya suka bergaul dengan semut? Para ilmuwan tidak yakin mengapa, tetapi mereka percaya bahwa itu ada hubungannya dengan fakta bahwa semut dapat makan dengan baik.

Nymphister kronaueri adalah salah satu pecinta semut itu. Kumbang mengikat tanpa disadari antara dada dan perut semut. Kumbang mendapat tumpangan gratis, bersama dengan makanan gratis yang kemungkinan sudah didapatnya dari semut. Para ilmuwan juga mengamati bahwa kumbang lebih suka menempel pada tubuh semut berukuran sedang. Mereka tidak tahu mengapa, tetapi percaya bahwa itu ada hubungannya dengan N. kronaueri ingin menipu semut bahwa itu memang bagian dari perut semut. [10]



Source link